Kolaborasi Strategis: Bank Jatim-NTB Syariah Jalin Kerjasama Kepemilikan Saham

**Aliansi Finansial: Bank Jatim dan NTB Syariah Bergandengan Tangan Perluas Pasar**

Bank Jatim-NTB Syariah Resmi Bentuk Kelompok Usaha Bank

Surabaya – Bank Jawa Timur (Jatim) dan Bank Nusa Tenggara Barat (NTB) Syariah telah menandatangani kesepakatan pemegang saham pengendali (shareholder agreement) untuk membentuk kelompok usaha bank (KUB).

“Pencapaian penting ini menandai tahap krusial dalam proses pembentukan KUB,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, dalam keterangan resmi.

Pembentukan KUB ini didasari oleh ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 12/POJK.03/2020 yang mewajibkan BPD dengan modal inti di bawah Rp3 triliun untuk membentuk KUB dengan bank bermodal inti minimal Rp3 triliun.

“Bank Jatim memiliki modal inti Rp11,12 triliun, sehingga memenuhi syarat untuk menjadi bank mitra dalam KUB,” jelas Adhy.

Perjalananpanjang telah dilalui dalam proses pembentukan KUB ini, dimulai dari studi kelayakan yang menunjukkan bahwa kedua bank akan saling menguntungkan.

“Kolaborasi ini akan menjadikan Bank Jatim dan NTB Syariah sebagai kekuatan sinergis dalam perbankan, berkontribusi pada kemajuan ekonomi daerah dan masyarakat,” kata Adhy.

Alasan kuat Bank NTB Syariah memilih Bank Jatim sebagai mitra KUB didasari oleh kinerja perekonomian Jawa Timur yang mengesankan.

“Perekonomian Jatim mengalami pertumbuhan yang signifikan, inflasi terkendali, dan memiliki kontribusi besar terhadap PDRB nasional,” imbuh Adhy.

Dengan tercapainya kesepakatan shareholder agreement, kedua bank diharapkan dapat segera merealisasikan pembentukan KUB untuk menciptakan dampak positif bagi industri perbankan dan masyarakat.

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)