Bank Mandiri Raih Penghargaan Teratas “BBB” dari Fitch

**Bank Mandiri Raih Penghargaan Prestisius "BBB" dari Fitch Ratings**

Bank Mandiri Bukukan Naiknya Peringkat Kredit, Bukti Kesehatan Finansial yang Kuat

Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berhasil meraih peningkatan peringkat kredit dari lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings. Lembaga tersebut menaikkan peringkat Internasional Jangka Panjang dan Jangka Pendek Bank Mandiri menjadi “BBB” dari sebelumnya “BBB-“.

Dalam hal peringkat Nasional Jangka Panjang, Fitch Ratings juga memberikan kenaikan dari “AA+(idn)” menjadi “AAA(idn)”. Hal ini menandai pengakuan atas perbaikan kondisi keuangan Bank Mandiri yang berkesinambungan.

“Kenaikan peringkat ini mencerminkan fundamental Bank Mandiri yang terus membaik dan pengakuan dukungan pemerintah sebagai bank BUMN terbesar yang berperan penting bagi sistem perbankan Indonesia,” ujar Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman.

Berdasarkan penilaian Fitch Ratings, Bank Mandiri memiliki profil profitabilitas yang stabil, kualitas aset yang terjaga, serta struktur modal yang solid. Hal inilah yang menjadi faktor pendorong peningkatan peringkat.

Sebelumnya, Standard & Poor’s (S&P) juga menaikkan peringkat Bank Mandiri menjadi “BBB/Stable/A-2” pada Januari 2024. Peningkatan peringkat ini diharapkan dapat menarik lebih banyak investor dan meningkatkan kepercayaan terhadap kinerja Bank Mandiri di masa mendatang.

Hingga kuartal pertama 2024, Bank Mandiri mencatatkan kinerja keuangan positif dengan pertumbuhan kredit konsolidasi sebesar 19,1% menjadi Rp1.435 triliun. Selain itu, dana pihak ketiga (DPK) juga mengalami pertumbuhan 13% menjadi Rp1.572 triliun. Rasio NPL gross bank only juga terjaga pada level rendah, yakni 1,02%.

Baca Juga :  Hindari Kesalahan Kasbon! Panduan Lengkap Prosedur, Risiko, dan Alternatif

Inovasi digital, seperti aplikasi Livin’ by Mandiri, juga mendukung kinerja positif Bank Mandiri. Nilai transaksi Livin’ by Mandiri pada kuartal I 2024 mencapai Rp921 triliun, tumbuh 27,4% secara tahunan.

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)