Tutorial Install WordPress di Hosting dengan Mudah dan Cepat

Menginstal WordPress adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat website atau blog. Proses ini sebenarnya mudah dilakukan, asalkan Anda memiliki panduan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan rinci tentang cara install WordPress dalam bahasa yang mudah dipahami.

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa Anda sudah memiliki akses ke cPanel hosting Anda, domain yang sudah terdaftar, dan file WordPress yang sudah diunduh dari situs web resmi WordPress.org. Jika Anda sudah siap, mari kita mulai.

Upload File WordPress ke Hosting Anda

Langkah pertama dalam menginstal WordPress adalah mengunggah file WordPress ke hosting Anda. Pertama, Anda harus masuk ke cPanel hosting Anda dan mencari opsi File Manager. Klik pada File Manager untuk membuka jendela baru.

Setelah jendela File Manager terbuka, cari folder public_html atau wwwroot, tergantung pada hosting Anda. Klik pada folder tersebut untuk membukanya. Setelah itu, klik pada tombol Upload yang ada di bagian atas jendela.

Anda kemudian akan diminta untuk memilih file yang ingin diunggah. Pilih file WordPress yang sudah Anda unduh dan klik tombol Upload.

Setelah file WordPress diunggah, Anda perlu mengekstraknya. Klik pada file WordPress yang baru saja diunggah dan pilih opsi Extract yang ada di bagian atas jendela.

Buat Database untuk WordPress

Langkah selanjutnya dalam menginstal WordPress adalah membuat database untuk WordPress. Untuk melakukan ini, Anda perlu membuka cPanel hosting Anda dan mencari opsi MySQL Database. Klik pada opsi ini untuk membuka jendela baru.

Baca Juga :  Cara Setting Litespeed Cache [UPDATED 2024]

Di jendela baru, Anda akan diminta untuk membuat database baru. Berikan nama pada database Anda dan klik tombol Create Database. Setelah itu, buat pengguna untuk database Anda dan berikan akses penuh ke database tersebut.

Konfigurasi WordPress

Setelah mengunggah file WordPress dan membuat database, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi WordPress. Untuk melakukan ini, buka website Anda di browser dan tambahkan /wp-admin pada akhir URL. Ini akan membuka halaman login WordPress.

Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke panel kontrol WordPress Anda. Setelah masuk, Anda akan melihat halaman pengaturan. Klik pada opsi Let’s go! untuk memulai konfigurasi.

Berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi database Anda. Isi sesuai dengan apa yang diperlukan dan klik submit.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengkonfigurasi pengaturan website Anda. Anda dapat memberikan judul untuk website Anda dan memilih nama pengguna dan kata sandi untuk akun administrator.

Setelah Anda mengkonfigurasi pengaturan website Anda, klik tombol Install WordPress. WordPress akan diinstal pada website Anda dalam beberapa detik.

Mulai Menggunakan WordPress

Sekarang, WordPress telah terinstal pada website Anda dan siap digunakan. Anda dapat masuk ke panel kontrol WordPress Anda dengan menambahkan /wp-admin pada akhir URL website Anda.

Dari sini, Anda dapat mulai membuat konten, mengubah tampilan website Anda, dan menambahkan plugin yang diperlukan. Jangan lupa untuk memperbarui WordPress dan plugin Anda secara teratur untuk menjaga keamanan website Anda.

Baca Juga :  Cara Mudah Redirect Halaman 404 ke Homepage Tanpa Plugin di WordPress

Tips Tambahan Cara Install WordPress

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda menginstal WordPress dengan benar:

  • Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari WordPress untuk menghindari masalah keamanan dan kinerja.
  • Selalu gunakan tema dan plugin yang terpercaya dan berkualitas untuk menghindari masalah keamanan dan kinerja yang buruk.
  • Jangan lupa untuk memperbarui WordPress dan plugin Anda secara teratur untuk menjaga keamanan website Anda.
  • Gunakan plugin keamanan untuk memperkuat keamanan website Anda.
  • Jika Anda mengalami masalah saat menginstal WordPress, coba cari solusinya di forum WordPress atau minta bantuan dari tim dukungan hosting Anda.

Menginstal WordPress pada website Anda memang membutuhkan sedikit pemahaman teknis, namun dengan panduan yang tepat, proses ini sebenarnya cukup mudah dan cepat. Pastikan untuk mengunggah file WordPress ke hosting Anda, membuat database untuk WordPress,mengkonfigurasi WordPress, dan mulai menggunakannya. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, website Anda akan siap digunakan dan dapat diakses oleh pengunjung dengan mudah.

Menginstal WordPress pada website Anda memang membutuhkan sedikit pemahaman teknis, namun dengan panduan yang tepat, proses ini sebenarnya cukup mudah dan cepat. Pastikan untuk mengunggah file WordPress ke hosting Anda, membuat database baru, mengkonfigurasi WordPress, dan memperbarui WordPress dan plugin Anda secara teratur. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menginstal WordPress dengan mudah dan membuat website atau blog Anda dalam waktu singkat.

Akhir Kata

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar cara install WordPress. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari tim dukungan hosting Anda jika mengalami masalah atau kesulitan saat menginstal WordPress. Terima kasih telah membaca!

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)

Tinggalkan komentar