Cara Melihat Screen On Time di Laptop Windows dengan Mudah

cara melihat screen on time di laptop windows

Hayo ngaku, siapa di sini yang sering lupa waktu kalau udah asyik di depan laptop? ūüėÖ

Nah, buat kamu yang penasaran berapa lama sih sebenarnya waktu yang dihabiskan di depan layar laptop, tenang aja! Windows punya fitur Screen on Time yang bisa ngasih tahu kita informasi tersebut.

Yuk, kita cari tahu bareng-bareng gimana cara mudah melihat screen on time di laptop Windows!

Melihat Screen on Time Melalui Battery Report

Fitur Battery Report di Windows sebenarnya ditujukan untuk melihat informasi penggunaan baterai laptop. Tapi, di sini kita juga bisa menemukan data screen on time, lho!

Langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt:¬†Klik kanan pada tombol Start Windows, lalu pilih “Command Prompt (Admin)”.
  2. Ketik Perintah: Di jendela Command Prompt, ketik perintah powercfg /batteryreport dan tekan Enter.
  3. Buka File Battery Report: Perintah tersebut akan menghasilkan file HTML yang berisi laporan baterai. Biasanya file ini tersimpan di folder C:\Users\[username]\battery-report.html. Buka file tersebut dengan browser.
  4. Lihat Screen on Time:¬†Scroll ke bawah sampai ketemu bagian “Battery usage”. Di situ kamu bisa melihat data screen on time dalam beberapa periode waktu, seperti 24 jam terakhir, 48 jam terakhir, dan 1 minggu terakhir.
Baca Juga :  Cara Export Desain Figma ke Format PNG, JPG, SVG, dan PDF

Karena disini aku menggunakan PC, maka battery report nya tidak menampilkan informasi-informasi tentang penggunaan Komputer dan daya tahan baterai.

Melihat Screen on Time Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Selain Battery Report, ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kita melihat screen on time dengan lebih detail.

Beberapa aplikasi yang bisa dicoba:

  • Microsoft PowerToys:¬†Aplikasi resmi dari Microsoft yang punya banyak fitur menarik, termasuk fitur “Awake” untuk melihat screen on time.
  • TimeCamp:¬†Aplikasi time tracking yang bisa melacak waktu penggunaan aplikasi dan website, termasuk waktu yang dihabiskan di depan layar laptop.
  • RescueTime:¬†Aplikasi yang bisa membantu kita meningkatkan produktivitas dengan melacak waktu penggunaan aplikasi dan website, serta memberikan laporan dan insight yang bermanfaat.

Memaksimalkan Fitur Screen on Time

Nah, setelah tahu cara melihat screen on time, kita bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk:

  • Meningkatkan produktivitas:¬†Kita bisa melihat aplikasi atau website mana yang paling banyak menghabiskan waktu dan mencoba mengurangi penggunaannya.
  • Mengatur waktu istirahat:¬†Dengan mengetahui screen on time, kita bisa mengatur waktu istirahat yang cukup agar mata dan tubuh tidak terlalu lelah.
  • Memantau kebiasaan digital:¬†Data screen on time bisa membantu kita menyadari kebiasaan digital kita dan membuat perubahan yang diperlukan.

Tips Mengurangi Screen Time

Kalau kamu merasa screen time kamu terlalu tinggi, coba deh terapkan tips berikut ini:

  • Tetapkan batasan waktu:¬†Tentukan berapa lama kamu boleh menggunakan laptop setiap hari dan patuhi batasan tersebut.
  • Gunakan fitur pengingat:¬†Beberapa aplikasi punya fitur pengingat yang bisa memberi tahu kita saat sudah waktunya istirahat.
  • Cari aktivitas lain:¬†Saat merasa jenuh, coba lakukan aktivitas lain yang tidak melibatkan layar, seperti membaca buku, berolahraga, atau bersosialisasi.
Baca Juga :  3 Cara Ganti Nomor M-Banking BCA dengan Aman

Kesimpulan

Fitur screen on time di Windows bisa membantu kita memantau waktu yang dihabiskan di depan layar laptop. Informasi ini bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas, mengatur waktu istirahat, dan memantau kebiasaan digital.

Yuk, mulai sekarang kita lebih bijak dalam menggunakan teknologi!

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)