Cara Mudah Menampilkan Classic Editor di WordPress Tanpa Plugin

WordPress melalui laman resminya sendiri beberapa waktu yang lalu melakukan update besar besaran, salah satu update yang paling berpengaruh dari sisi penggunaan adalah hadirnya Gutenberg Editor.

Gutenberg hadir dengan tampilan lebih elegan daripada Classic Editor lama. Tetapi, Banyak pengguna yang masih kurang terbiasa menggunakan editor baru tersebut.

Cara alternatif yang dapat anda lakukan adalah menampilkan classic editor lama pada wordpress versi terbaru. Bagaimana caranya? Terdapat 2 versi cara menampilkan classic editor di wordpress, jika anda yang tidak ingin ribet bisa langsung saja menggunakan plugin Classic Editor.

Tetapi, semakin banyak plugin yang diinstal akan membuat kinerja website lambat dan membuat disk hosting penuh.

Oleh karena itu, kali ini saya akan membuat tutorial cara menggunakan classic editor di wordpress tanpa plugin.

Cara Menampilkan Classic Editor Tanpa Plugin

classic editor wordpress lama

Sekitar satu minggu yang lalu saya membuat blog ini menggunakan platform wordpress yang telah terinstall pada versi terbaru 5.6 dan mengalami sedikit masalah.

Sebenarnya masalah tersebut hanyalah sepele, disini saya kebingungan ketika menggunakan editor wordpress yang baru (gutenberg).

Mungkin karena saya belum terbiasa atau memang gutenberg kurang friendly dimata pengguna classic editor lama. Meskipun begitu, semua editor wordpress fungsinya sama.

Yakni sama-sama digunakan untuk membuat postingan blog. Kemudian saya cari tahu bagaimana cara untuk mengembalikan lagi editor lama tanpa membuat disk hosting menjadi penuh.

Akhirnya saya menemukan cara yang ampuh yang bisa membuat anda merasakan kembali sensasi menggunakan editor lama wordpress.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan :

  • Masuk ke halaman awal WordPress 5.0, kemudian buat postingan baru.
  • Perhatikan bagian atas Gutenberg Editor, kemudian isi Judul artikel.
  • Lalu menu classic editor akan muncul pada Block kedua, Klik saja.
  • Tampilan menu classic editor sudah muncul dan bisa digunakan bersama Gutenberg.

Terdapat cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan classic editor di wordpress tanpa menggunakan plugin adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke Dashboard WordPress anda.
  • Cari menu Tampilan di Bilah Kiri Dashboard WordPress anda.
  • Klik Theme Editor.
  • Edit file Functions.php
  • Sisipkan kode berikut ini pada baris baru.
 //Menggunakan editor klasik by Pradinata.com add_filter( 'use_block_editor_for_post', '__return_false' );
  • Klik Perbaharui Berkas untuk menyimpan perubahan.
  • Masuk ke Pos, kemudian Tambah Baru.
  • Anda sudah melihat Classic Editor muncul pada saat akan membuat postingan.

Nah itu tadi cara yang bisa anda lakukan untuk mengganti Gutenberg Editor dengan Classic Editor di wordpress versi terbaru tanpa menggunakan plugin. Karena tanpa menggunakan plugin akan sedikit membuat disk hosting anda lega dan website dimuat lebih cepat. Selamat mencoba!

About Arga Eryzal Pradinata

Hi! I'm a Blogger and also write tutorials about Internet, Wordpress, and Many More. Contact me via email argaeryzal@pradinata.com.

Tinggalkan komentar