Ekonomi Kepri diprediksi meroket pada Kuartal II 2024

**Ekonomi Kepri Diproyeksikan Melejit di Kuartal II 2024**

Pradinata.com – Pemprov Kepri Andalkan Suntikan APBD Rp15 Triliun untuk Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menargetkan pertumbuhan ekonomi triwulan II-2024 yang lebih tinggi dari capaian triwulan I-2024 sebesar 5,01 persen. Ia akan mengandalkan percepatan serapan belanja APBD sebagai pendorong utama.

“Belanja APBD menjadi pilar penting perekonomian Kepri,” kata Ansar di Tanjungpinang, Sabtu. “Kami yakin pada triwulan II, perputaran uang APBD akan semakin deras dan berdampak positif pada perekonomian daerah.”

Total dana APBD yang akan mengucur di wilayah Kepri pada tahun ini diperkirakan mencapai Rp15 triliun, tersebar di tujuh kabupaten/kota dan Badan Pengusahaan (BP) Kota Batam.

“Porsi APBD Kepri sebesar Rp3,8 triliun, Pemkot Batam dan BP Batam sekitar Rp6 triliun, sementara enam kabupaten/kota lainnya rata-rata mengelola APBD sekitar Rp1 triliun,” jelas Ansar.

Selain serapan APBD, pemerintah daerah juga akan mendorong investasi baru, khususnya di kawasan Free Trade Zone (FTZ) seperti Batam, Bintan, dan Karimun. Target investasi yang dibidik Pemprov Kepri tahun ini mencapai Rp30 triliun.

“Kami juga terus memaksimalkan ekspor produk olahan industri dan meningkatkan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat Kepri, terutama pelaku UMKM,” ujar Ansar.

Sementara itu, Kepala BPS Kepri Darwis Sitorus melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kepri triwulan I-2024 mencapai 5,01 persen year-on-year (yoy), lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2023 sebesar 6,51 persen.

Baca Juga :  Otoritas Jasa Kuangan adalah Lembaga Independen, Ini Fungsi dan Tugasnya!

“Meski tumbuh positif, ekonomi Kepri terkontraksi 2,79 persen dibandingkan triwulan sebelumnya,” kata Sitorus. “Kontraksi terparah terjadi pada sektor administrasi pemerintahan dan pengeluaran konsumsi pemerintah.”

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)