Menurut Riset, Google Masih Jadi Mesin Pencari Favorit Gen Z! Benarkah Demikian?

Ada yang bilang TikTok udah jadi “Google”-nya Gen Z. Tapi, apa iya beneran begitu? Jangan-jangan, Google masih jadi andalan buat cari informasi, ya? Nah, buat kalian yang penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di sini!

TikTok vs Google: Siapa Juaranya?

Belakangan ini, TikTok emang lagi hits banget. Nggak cuma buat joget-joget atau pamer kreativitas, tapi juga buat cari informasi. Bahkan, ada yang bilang kalau TikTok udah ngegeser posisi Google sebagai mesin pencari favorit Gen Z. Tapi, benarkah demikian?

Riset Membuktikan: Google Masih Berjaya!

Meski TikTok punya banyak kelebihan, ternyata hasil riset terbaru menunjukkan kalau Google masih jadi pilihan utama Gen Z buat cari informasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Morning Consult pada Februari 2023 menemukan bahwa 39% Gen Z masih menggunakan Google sebagai mesin pencari utama mereka. Sementara itu, hanya 14% Gen Z yang mengaku menggunakan TikTok untuk mencari informasi.

Alasan Gen Z Tetap Memilih Google

Kenapa sih Gen Z masih setia sama Google? Ternyata, ada beberapa alasannya, lho!

Baca Juga :  8 Fungsi Mode Pesawat Selain Untuk Penerbangan

1. Informasi Lebih Lengkap dan Terpercaya

Google itu kayak perpustakaan raksasa yang isinya informasi dari seluruh dunia. Kalian bisa nemuin jawaban dari hampir semua pertanyaan kalian di Google. Selain itu, Google juga punya algoritma yang bisa menyaring informasi-informasi yang kredibel dan relevan. Jadi, kalian nggak perlu khawatir bakal ketemu sama informasi hoax atau menyesatkan.

2. Kemudahan Penggunaan

Google itu gampang banget dipake, bahkan buat yang gaptek sekalipun. Kalian tinggal ketik kata kunci yang kalian cari, lalu Google bakal menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. Selain itu, Google juga punya fitur-fitur canggih, kayak Google Translate, Google Maps, dan Google Scholar, yang bisa bantu kalian dapetin informasi yang lebih lengkap dan akurat.

3. Kebiasaan yang Sudah Mendarah Daging

Google udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Dari kecil, kita udah diajarin buat cari informasi di Google. Makanya, nggak heran kalau banyak orang, termasuk Gen Z, yang udah terbiasa dan nyaman pakai Google.

Kapan Gen Z Pakai TikTok untuk Cari Informasi?

Meskipun Google masih jadi pilihan utama, bukan berarti Gen Z nggak pernah pakai TikTok buat cari informasi. Biasanya, mereka pakai TikTok buat cari informasi yang sifatnya lebih ringan dan menghibur, kayak rekomendasi tempat makan, tips fashion, atau tutorial makeup.

TikTok juga punya kelebihan dalam menyajikan informasi secara visual dan interaktif. Jadi, buat informasi-informasi yang lebih mudah disampaikan lewat video, TikTok bisa jadi pilihan yang menarik.

Baca Juga :  Pendaftaran CPNS 2023 Telah Resmi Dibuka, Simak Jadwalnya!

Google dan TikTok: Saling Melengkapi, Bukan Bersaing

Google dan TikTok itu sebenarnya bukan saingan, tapi justru saling melengkapi. Google lebih unggul dalam menyajikan informasi yang lengkap dan terpercaya, sedangkan TikTok lebih unggul dalam menyajikan informasi yang visual dan interaktif. Jadi, keduanya punya peran masing-masing dalam memenuhi kebutuhan informasi Gen Z.

Tips Memanfaatkan Google dan TikTok untuk Cari Informasi

  • Gunakan Google untuk informasi yang lebih serius dan mendalam: Misalnya, buat cari informasi tentang sejarah, sains, atau berita terkini.
  • Gunakan TikTok untuk informasi yang lebih ringan dan menghibur: Misalnya, buat cari rekomendasi tempat makan, tips fashion, atau tutorial makeup.
  • Gunakan keduanya secara bersamaan: Kalian bisa cari informasi awal di TikTok, lalu perdalam lagi di Google.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya, Google masih jadi mesin pencari favorit Gen Z, meskipun TikTok juga punya peran penting dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi penting buat kalian bijak dalam memilih platform mana yang mau kalian gunakan untuk mencari informasi. Yang pasti, baik Google maupun TikTok sama-sama punya peran penting dalam membantu kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan.

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)