Sering Kena Shadowban? Panduan Lengkap Hindari Shadowban di Instagram

panduan lengkap hindari shadow ban di instagram

Pernahkah kalian merasa postingan kalian di Instagram tidak lagi muncul di halaman Explore? Atau, engagement kalian tiba-tiba menurun drastis? Jika iya, kalian mungkin telah terkena shadowban.

Shadowban adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pembatasan yang dilakukan Instagram terhadap akun tertentu. Akibatnya, konten yang diunggah oleh akun tersebut tidak akan muncul di halaman Explore atau hashtag yang relevan, sehingga jangkauan akun tersebut menjadi terbatas.

Nah, kalau kalian ingin terhindar dari shadowban, simak panduan lengkap berikut ini:

Penyebab Shadowban

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan akun kalian terkena shadowban, di antaranya:

  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga: Aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi dapat melanggar kebijakan Instagram dan menyebabkan akun kalian terkena shadowban.
  • Melakukan spam: Melakukan spam, seperti mengomentari terlalu banyak postingan dalam waktu singkat atau mengikuti terlalu banyak akun dalam waktu singkat, dapat membuat akun kalian terlihat mencurigakan dan berpotensi terkena shadowban.
  • Menggunakan hashtag yang dilarang: Menggunakan hashtag yang dilarang atau yang tidak relevan dengan konten kalian dapat membuat akun kalian terkena shadowban.
  • Melanggar pedoman komunitas Instagram: Melanggar pedoman komunitas Instagram, seperti mengunggah konten yang mengandung kekerasan, ujaran kebencian, atau pornografi, dapat membuat akun kalian terkena shadowban.

Ciri-ciri Shadowban

Ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa akun kalian telah terkena shadowban, di antaranya:

  • Postingan kalian tidak muncul di halaman Explore: Jika postingan kalian tidak lagi muncul di halaman Explore, meskipun kalian menggunakan hashtag yang relevan, ini bisa menjadi tanda bahwa akun kalian telah terkena shadowban.
  • Engagement kalian menurun drastis: Jika engagement kalian tiba-tiba menurun drastis, meskipun kalian tidak mengubah strategi posting kalian, ini bisa menjadi tanda bahwa akun kalian telah terkena shadowban.
  • Kalian tidak dapat mengikuti akun baru: Jika kalian tidak dapat mengikuti akun baru, meskipun kalian belum mencapai batas mengikuti akun, ini bisa menjadi tanda bahwa akun kalian telah terkena shadowban.
Baca Juga :  Rahasia Bikin Live Instagram yang Seru dan Menarik!

Cara Menghindari Shadowban

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari shadowban, di antaranya:

  • Jangan gunakan aplikasi pihak ketiga: Hindari menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi, seperti aplikasi untuk menjadwalkan posting atau untuk mendapatkan lebih banyak pengikut.
  • Jangan melakukan spam: Hindari melakukan spam, seperti mengomentari terlalu banyak postingan dalam waktu singkat atau mengikuti terlalu banyak akun dalam waktu singkat.
  • Gunakan hashtag yang relevan: Gunakan hashtag yang relevan dengan konten kalian dan hindari menggunakan hashtag yang dilarang.
  • Patuhi pedoman komunitas Instagram: Patuhi pedoman komunitas Instagram dan hindari mengunggah konten yang melanggar kebijakan Instagram.
  • Beristirahatlah: Jika kalian merasa akun kalian telah terkena shadowban, cobalah untuk beristirahat selama beberapa hari dan hindari melakukan aktivitas di Instagram.

Cara Mengatasi Shadowban

Jika kalian merasa akun kalian telah terkena shadowban, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasinya, di antaranya:

  • Hubungi Instagram: Kalian dapat menghubungi Instagram melalui aplikasi atau melalui website mereka untuk melaporkan bahwa akun kalian telah terkena shadowban.
  • Hapus aplikasi pihak ketiga: Jika kalian menggunakan aplikasi pihak ketiga, cobalah untuk menghapusnya dan login kembali ke akun Instagram kalian.
  • Ubah kata sandi: Ubah kata sandi akun Instagram kalian untuk meningkatkan keamanan akun.
  • Bersihkan cache: Bersihkan cache aplikasi Instagram kalian untuk menghapus data yang mungkin menyebabkan masalah.
Baca Juga :  7 Ide Konten Instagram yang Bikin Kamu Makin Populer!

Kesimpulan

Shadowban dapat menjadi masalah yang serius bagi akun Instagram kalian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara menghindari shadowban. Dengan mengikuti panduan di atas, kalian dapat meminimalkan risiko terkena shadowban dan menjaga akun Instagram kalian tetap sehat.

Tips Tambahan

  • Konsisten dalam posting: Usahakan untuk konsisten dalam posting konten di Instagram. Ini akan membantu meningkatkan engagement dan menunjukkan kepada Instagram bahwa akun kalian aktif.
  • Buat konten yang berkualitas: Buat konten yang berkualitas dan menarik agar orang-orang tertarik untuk mengikuti akun kalian.
  • Berinteraksi dengan followers: Berinteraksi dengan followers kalian dengan membalas komentar dan pesan mereka. Ini akan menunjukkan kepada Instagram bahwa akun kalian aktif dan memiliki komunitas yang kuat.

Dengan mengikuti tips tambahan di atas, kalian dapat meningkatkan peluang untuk terhindar dari shadowban dan membangun akun Instagram yang sukses.

Semoga panduan ini bermanfaat!

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)