15 Contoh Perangkat Keras Komputer & Fungsinya

perangkat keras komputer

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, di dalam komputer pasti kalian sudah pernah mendengar tentang istilah Software atau Hardware. Software atau Hardware tersebut tentunya memiliki berbagai macam contoh dan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Perangkat keras merupakan sebuah komponen yang harus ada agar perangkat PC bisa berjalan dengan baik. Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa contoh perangkat keras komputer yang umum digunakan dan fungsinya. Simak yuk!

Apa itu Perangkat Keras Komputer?

Perangkat Keras Komputer adalah sebuah benda yang terdiri dari beberapa komponen yang membentuk komputer. Komponen tersebut antara lain, CPU, RAM, Hardrive, Motherboard, Power Supply (PSU), Kartu Grafis, Monitor, Keyboard, Mouse, Printer, Scanner, Speaker, Webcam, Modem, dan Router.

Jenis-Jenis Hardware Komputer

Terdapat jenis-jenis Perangkat Keras Komputer, antara lain :

1. Hardware Input

Hardware Input merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukan atau menyalurkan data ke dalam komputer. Kemudian data tersebut akan diolah atau diproses. Contoh perangkat keras komputer jenis ini adalah Mouse, Printer, Scanner, Keyboard, dan Webcam

2. Hardware Pemrosesan

Perangkat keras pemrosesan bertugas untuk mengolah data yang masuk melalui Hardware Input tadi. Hardware ini bisa dibilang sebagai otaknya komputer. Contoh Hardware Pemrosesan adalah CPU, RAM, dan lain sebagainya.

3. Hardware Output

Yang terakhir adalah Hardware Output atau Keluaran. Jenis ini berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang berasal dari hardware input dan telah diproses pada hardware pemrosesan.

Baca Juga :  Kenali Teknologi SSD NVMe: Solusi Terbaik untuk Masalah Kecepatan Komputer

Contoh Hardware Output adalah Monitor, Speaker, Kartu Grafis, dll.

Macam – Macam Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya

1. CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah otak dari komputer yang bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi dan melakukan operasi matematika. CPU bertugas untuk mengontrol dan mengkoordinasi semua aktivitas di dalam komputer.

2. RAM (Random Access Memory)

Apabila memori utama penuh, aplikasi akan menggunakan ruang yang lain secara bergantian yang menyebabkan komputer terasa lag saat digunakan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus.

RAM adalah sebuah memori penyimpanan yang bersifat sementara dan digunakan untuk menyimpan dan meneruskan data yang diterima menuju hardware output. Data tersebut contohnya adalah beberapa aplikasi yang dibuka di latar belakang.

3. Hard Drive

Hard drive adalah perangkat penyimpanan permanen yang digunakan untuk menyimpan data dan program di dalam komputer. Hard drive dapat menyimpan data dalam bentuk digital secara permanen, bahkan ketika komputer dimatikan. Kapasitas hard drive diukur dalam gigabyte (GB) atau terabyte (TB).

4. Motherboard

motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama di dalam komputer yang menghubungkan semua komponen perangkat keras. Mobo menyediakan jalur komunikasi antara semua perangkat keras dan memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik bersama-sama.

5. Power Supply

Power supply adalah unit yang memberikan daya listrik ke semua komponen perangkat keras di dalam komputer. Power supply ini merupakan jantungnya komputer, oleh karena itu dalam memilih power supply yang bagus kita tidak boleh sembarangan.

6. Graphics Card

Graphics card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghasilkan dan mengendalikan output visual di layar komputer. Kartu grafis bertanggung jawab untuk menghasilkan gambar dan video yang jelas dan berkualitas tinggi.

Baca Juga :  10 Penyebab Komputer Hang dan Cara Mengatasinya

7. Monitor

Monitor adalah perangkat keras yang menampilkan output visual dari komputer. Monitor merupakan antarmuka utama antara pengguna dan komputer, dan memungkinkan pengguna untuk melihat apa yang sedang dilakukan oleh komputer.

8. Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras input yang digunakan untuk memasukkan data dan instruksi ke dalam komputer. Keyboard terdiri dari tombol-tombol yang mewakili angka, huruf, dan karakter khusus.

9. Mouse

Mouse adalah perangkat keras input yang digunakan untuk mengendalikan pointer di layar komputer. Mouse memungkinkan pengguna untuk memilih, memindahkan, dan mengklik objek di layar.

10. Printer

Printer merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak dokumen dan gambar dari komputer. Ada berbagai jenis printer, termasuk printer inkjet dan laserjet, yang memungkinkan cetakan berkualitas tinggi dalam berbagai format.

11. Scanner

Scanner merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mengonversi dokumen fisik menjadi format digital. Scanner memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar atau teks dari dokumen dan menyimpannya di komputer.

12. Speaker

Speaker adalah perangkat keras output yang digunakan untuk menghasilkan suara dari komputer. Speaker memungkinkan pengguna untuk mendengarkan audio, seperti musik atau suara dalam permainan atau video.

13. Webcam

Webcam adalah perangkat keras input yang digunakan untuk mengambil gambar atau video melalui komputer. Webcam memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui video chat atau mengambil foto diri.

14. Modem

Modem adalah perangkat keras yang menjadi jembatan dari hubungan komputer ke internet. Modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog yang dapat dikirim melalui jalur telepon atau kabel.

15. Router

router

Router adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer ke jaringan lokal dan internet. Ini memungkinkan pengguna untuk berbagi sambungan internet dan berkomunikasi antara komputer di jaringan.

Akhir Kata

Itulah contoh-contoh perangkat keras komputer yang umum digunakan dan fungsinya. Setiap perangkat keras memiliki peran penting dalam menjalankan dan mengoperasikan komputer secara efektif. Dengan pemahaman tentang perangkat keras ini, Anda dapat memilih dan mengkonfigurasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)