Review VPS Murah dari VPSHOSTINGSERVICE.CO

review vps murah dari vpshostingservice.co

VPS Murah dari VPSHOSTINGSERVICE.CO – Sekitar 1 bulan yang lalu saya sedang mencari VPS untuk trial belajar dan mendalami tentang server berbasis linux. Setelah beberapa hari mencari, dan akhirnya menemukan sebuah VPS yang ramah sekali di kantong.

Spesifikasi dari VPS tersebut adalah sebagai berikut :

  • 1x vCPU Core
  • 1024MB RAM
  • 15GB Pure SSD RAID Storage
  • 1000Mbps Port
  • Unmetered Bandwidth
  • Full Root Access
  • 1 Dedicated IPv4 Address
  • KVM/Virtualizor
  • Linux O/S
  • Available in Multiple Locations

Alasan memilih VPS dari VPSHOSTINGSERVICE.CO

Alasan utama saya adalah mencari dengan harga paling murah karena dalam rangka mempelajari seluk beluk linux server. Walaupun server tersebut tidak tersedia data center di Indonesia maupun Singapura yang lebih dekat.

Dengan harga $1 / bulan tentu sangat worth it dibeli. Untuk pembayaran menggunakan Paypal atau Kartu Kredit Bank. Selain itu, VPSHOSTINGSERVICE.CO menawarkan pembayaran bulanan.

Pilihan Sistem Operasi

Banyak pilihan sistem operasi yang ditawarkan untuk memudahkan dalam mengelola server, antara lain seperti Ubuntu, Debian, Fedora, CentOS, Almalinux, OpenSUSE, dan Rocky Linux.

Pada kesempatan ini saya belajar menggunakan CentOS 8. Tidak lama kemudian, saya membaca berita jika versi tersebut sudah tidak mendapatkan support lagi untuk kedepan alias EOL (End Of Life).

Akhirnya setelah memilih beberapa sistem operasi yang cocok, akhirnya jatuh hati kepada Rockylinux.

Uptime Server Stabil

Selama menggunakan VPS tersebut, saya jarang mendapati server down atau gangguan lain semacamnya. Ini tentu sangat bagus, karena website yang dibangun pada server tersebut jarang mengalami kendala.

Diatas merupakan sebuah screenshot yang memperlihatkan penggunaan disk, ram dan resource lain yang saya gunakan.

Pilihan Lokasi Data Center

Terdapat beberapa lokasi yang dapat kalian pilih seperti Amerika Serikat, Belanda, Jerman, dan Polandia. Sayang sekali region Indonesia atau Singapura yang lebih dekat belum tersedia.

Meskipun begitu, ini sangat cocok buat yang sedang mencari VPS murah di server luar.

I/O Speed Kurang Memuaskan

Seperti yang kita tahu, semakin cepat kecepatan membaca atau I/O speed yang dimiliki oleh VPS itu sangat disukai oleh beberapa orang termasuk saya.

Kalau dilihat dari spesifikasi diatas, memang VPS ini sudah menggunakan SSD untuk penyimpananya. Namun, kecepatan membacanya sangat kurang memuaskan dibawah kecepatan standar 100 MB/s.

Saya melakukan sebuah test, dan mendapati kecepatan membacanya ada pada gambar dibawah.

Berbeda dari VPS dari Alibaba Cloud yang saya gunakan untuk menghosting website ini yang berada di kisaran 110 MB/s

Kesimpulan

Seperti kata pepatah, ada harga ada rupa. Untuk kalian yang sedang belajar sebuah linux server atau mendalami bidang system administrasi, saya rekomendasikan untuk mencoba VPS ini.

Selain memiliki harga yang murah, tentu banyak pilihan sistem operasi yang bisa digunakan untuk mengelola server. Uptime yang stabil juga menjadi nilai plus yang dimiliki oleh VPSHOSTINGSERVICE.CO ini.

Sekian review vps murah dari VPSHOSTINGSERVICE.CO kali ini, semoga memberikan manfaat dan referensi untuk kalian yang sedang mencari linux server yang murah.

Terima kasih!

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)