5 Sumber Belajar WordPress Gratis yang Bikin Kalian Jago

sumber belajar wordpress gratis

Siapa bilang belajar WordPress itu harus mahal? Zaman sekarang, banyak banget sumber belajar gratis yang bisa bikin kalian jadi expert WordPress tanpa keluar uang sepeser pun! Mau bikin blog pribadi, toko online, atau website perusahaan? Semuanya bisa kalian kuasai dengan mudah dan menyenangkan. Penasaran? Yuk, simak 5 sumber belajar WordPress gratis terbaik yang wajib kalian coba!

1. WordPress.org: Rumah Belajar Resmi WordPress

Kalau mau belajar WordPress, tentu saja tempat terbaiknya adalah di rumahnya sendiri, yaitu WordPress.org. Di sini, kalian bisa menemukan segala informasi yang kalian butuhkan seputar WordPress, mulai dari dasar sampai tingkat lanjut. Ada panduan instalasi, konfigurasi, sampai tips dan trik optimasi website. Lengkap banget, deh!

Kenapa WordPress.org Wajib Dikunjungi?

  • Informasi Terpercaya: Sebagai sumber resmi, WordPress.org selalu menyajikan informasi paling update dan akurat tentang WordPress.
  • Tutorial Lengkap: Kalian bisa menemukan tutorial lengkap tentang berbagai aspek WordPress, mulai dari membuat halaman hingga mengelola plugin.
  • Forum Komunitas yang Aktif: Bingung atau ada pertanyaan? Jangan khawatir! Ada forum komunitas yang siap membantu kalian. Kalian bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama pengguna WordPress dari seluruh dunia.
Baca Juga :  Cara Setting WP Fastest Cache (100% Work)

2. YouTube: Belajar Seru Sambil Nonton Video

Suka belajar sambil nonton video? YouTube adalah gudangnya! Ada banyak sekali channel YouTube yang menyediakan tutorial WordPress gratis. Kalian bisa belajar sambil santai, tanpa perlu baca buku teks yang tebal. Cari channel yang sesuai dengan gaya belajar kalian, ya. Ada yang bahasanya santai, ada juga yang lebih serius dan teknis.

Keunggulan Belajar WordPress di YouTube:

  • Visual dan Interaktif: Belajar lewat video bikin materi lebih mudah dipahami dan diingat.
  • Beragam Pilihan Channel: Kalian bisa pilih channel yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman kalian.
  • Update Konten Terbaru: Banyak YouTuber WordPress yang rajin update konten, jadi kalian nggak akan ketinggalan informasi terbaru.

3. Udemy: Kursus Online Gratis dengan Materi Berkualitas

Udemy adalah platform kursus online yang terkenal dengan kualitas materinya. Meskipun banyak kursus berbayar, ada juga banyak kursus WordPress gratis yang bisa kalian ikuti. Mulai dari kelas dasar untuk pemula sampai kelas lanjutan untuk yang sudah berpengalaman, semuanya ada di sini.

Kenapa Udemy Cocok Buat Belajar WordPress?

  • Materi Terstruktur: Kursus-kursus di Udemy disusun secara terstruktur, memudahkan kalian belajar secara bertahap.
  • Instruktur Berpengalaman: Kelas-kelas di Udemy biasanya diajar oleh instruktur yang ahli di bidangnya.
  • Sertifikat Penyelesaian: Setelah menyelesaikan kursus, kalian akan mendapatkan sertifikat yang bisa jadi bukti kalau kalian udah menguasai WordPress.
Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan CloudFlare

4. WPBeginner: Blog Tutorial WordPress yang Lengkap dan Ramah Pemula

WPBeginner adalah blog yang didedikasikan untuk membantu para pengguna WordPress, terutama pemula. Di sini, kalian bisa menemukan berbagai macam tutorial, tips, dan trik seputar WordPress. Bahasanya ringan dan mudah dipahami, bahkan untuk yang baru pertama kali belajar WordPress.

Kenapa WPBeginner Wajib Ada di Bookmark Kalian?

  • Tutorial Lengkap: WPBeginner punya koleksi tutorial yang lengkap banget, mulai dari cara instalasi sampai optimasi SEO.
  • Mudah Dipahami: Penjelasannya mudah dimengerti, bahkan untuk yang nggak punya latar belakang teknis sekalipun.
  • Tips dan Trik Praktis: Selain tutorial, WPBeginner juga sering berbagi tips dan trik praktis yang bisa langsung kalian terapkan di website kalian.

5. Codecademy: Belajar Coding WordPress untuk Pemula

Buat kalian yang pengen belajar lebih dalam tentang WordPress, coba deh belajar coding di Codecademy. Di sini, kalian bisa belajar bahasa pemrograman dasar yang digunakan di WordPress, seperti HTML, CSS, dan PHP. Dengan belajar coding, kalian bisa lebih leluasa modifikasi tampilan dan fungsi website WordPress kalian.

Kenapa Belajar Coding WordPress di Codecademy?

  • Interaktif dan Menyenangkan: Codecademy punya metode belajar yang interaktif dan menyenangkan, jadi kalian nggak akan bosan.
  • Latihan Praktek Langsung: Kalian akan langsung praktik coding, jadi lebih mudah memahami konsep-konsepnya.
  • Komunitas yang Mendukung: Codecademy punya forum komunitas yang aktif, di mana kalian bisa bertanya dan berdiskusi dengan sesama pelajar.

Kesimpulan

Belajar WordPress gratis itu bukan cuma mimpi! Ada banyak banget sumber belajar yang bisa kalian manfaatkan. Mulai dari website resmi WordPress.org, video tutorial di YouTube, kursus online di Udemy, blog tutorial di WPBeginner, sampai belajar coding di Codecademy. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan kalian. Jangan lupa, kunci sukses belajar WordPress adalah konsistensi dan praktik. Jadi, jangan cuma baca atau nonton tutorial aja, tapi langsung praktikkan juga di website kalian sendiri. Selamat belajar dan semoga sukses!

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)