5 Tips Bikin Foto Makanan Jadi Instagramable, Dijamin Banjir Likes!

tips bikin foto makanan jadi instagramable

Siapa sih yang nggak suka liat foto makanan menggiurkan di Instagram? Apalagi kalau fotonya cantik dan bikin ngiler, pasti langsung pengen cobain, kan? Nah, buat kalian yang punya hobi kulineran atau suka masak, wajib banget nih bikin foto makanan kalian jadi instagramable. Nggak cuma bikin feed Instagram makin kece, tapi juga bisa nambah followers dan dapet banyak likes, lho! Penasaran gimana caranya? Yuk, simak 5 tips jitu berikut ini!

1. Pencahayaan Alami adalah Kunci

Cahaya alami itu sahabat terbaik buat foto makanan. Kenapa? Karena cahaya alami bisa bikin warna makanan jadi lebih hidup dan teksturnya lebih jelas. Jadi, usahain deh foto makanan kalian di tempat yang terang, misalnya di dekat jendela atau di luar ruangan saat cuaca cerah. Tapi inget ya, hindari sinar matahari langsung karena bisa bikin foto jadi terlalu terang atau overexposed.

Tips Tambahan: Kalau lagi mendung atau kurang cahaya, kalian bisa pakai reflector buat mantulin cahaya ke makanan. Atau, bisa juga pakai lighting tambahan, tapi pastikan warnanya natural ya, jangan sampai bikin makanan jadi keliatan aneh.

Baca Juga :  7 Ide Konten Instagram yang Bikin Kamu Makin Populer!

2. Komposisi yang Menarik Bikin Foto Lebih Hidup

Komposisi itu kayak seni menyusun makanan di piring. Jangan asal taruh aja, tapi coba deh atur posisi makanan, piring, dan properti lainnya biar lebih menarik. Kalian bisa pakai aturan sepertiga (rule of thirds) buat bikin komposisi yang enak dipandang. Caranya, bayangin ada garis horizontal dan vertikal yang membagi foto jadi 9 bagian sama besar. Nah, posisikan objek utama kalian di titik-titik perpotongan garis tersebut.

Tips Tambahan: Selain aturan sepertiga, kalian juga bisa eksplorasi komposisi lain, misalnya simetris, diagonal, atau flat lay. Yang penting, jangan takut buat bereksperimen dan cari komposisi yang paling pas buat foto makanan kalian.

3. Angle yang Tepat Bikin Makanan Makin Menggoda

Angle atau sudut pengambilan foto juga penting banget buat bikin makanan keliatan lebih menggiurkan. Coba deh foto dari berbagai angle, misalnya dari atas (top view), dari samping (side view), atau dari depan (front view). Masing-masing angle punya efek yang beda-beda, jadi pilih yang paling bisa menonjolkan keindahan makanan kalian.

Tips Tambahan: Buat makanan yang berlapis-lapis kayak cake atau burger, foto dari samping bisa bikin keliatan lebih menggiurkan. Sedangkan buat makanan yang punya topping menarik, foto dari atas bisa bikin lebih eye-catching.

4. Properti Pendukung Bikin Foto Makin Cantik

Jangan lupa tambahin properti pendukung buat bikin foto makanan kalian makin cantik dan menarik. Kalian bisa pakai taplak meja, serbet, alat makan, bunga, atau benda-benda lain yang sesuai sama tema makanan kalian. Tapi inget ya, jangan terlalu banyak properti, nanti malah bikin makanan jadi nggak fokus.

Baca Juga :  10 Strategi Meningkatkan Brand Awareness di Tiktok

Tips Tambahan: Pilih properti yang warnanya kontras sama makanan, biar lebih menonjol. Misalnya, kalau makanan kalian warnanya cerah, pakai properti yang warnanya gelap atau netral. Sebaliknya, kalau makanan kalian warnanya gelap, pakai properti yang warnanya cerah.

5. Editing yang Natural Bikin Foto Makin Sempurna

Editing itu penting buat bikin foto makanan jadi lebih instagramable. Tapi, jangan sampai editing-nya berlebihan ya, nanti malah bikin makanan jadi keliatan nggak natural. Cukup atur brightness, contrast, saturation, dan sharpness secukupnya. Kalian juga bisa pakai filter, tapi pilih yang natural dan nggak terlalu mencolok.

Tips Tambahan: Kalau kalian nggak jago editing, coba deh pakai aplikasi editing foto yang gampang dipake kayak VSCO, Snapseed, atau Lightroom. Di aplikasi-aplikasi itu, ada banyak preset dan filter yang bisa kalian coba buat bikin foto makanan jadi lebih kece.

Kesimpulan

Nah, itu dia 5 tips bikin foto makanan jadi instagramable, dijamin banjir likes! Inget ya, kunci utama buat dapetin foto makanan yang bagus itu adalah pencahayaan alami, komposisi yang menarik, angle yang tepat, properti pendukung yang cantik, dan editing yang natural. Dengan menerapkan tips-tips ini, feed Instagram kalian pasti bakal makin kece dan bikin followers kalian ngiler!

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)