Cara Daftar Google News Terbaru [UPDATED 2024]

cara daftar google news

Di era digital seperti sekarang, kebutuhan akan informasi tentunya semakin meningkat. Para pengguna dunia maya pun perlu informasi yang aktual dan kredibel pula. Maka dari itu, Google akhirnya menyediakan fitur Google News.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk mendaftar di Google News dan bagaimana cara mengoptimalkan situs web Anda agar sesuai dengan persyaratan Google News. Yuk mari disimak!

Pengenalan tentang Google News

Google News adalah layanan yang diberikan oleh Google untuk blog atau website yang berfokus pada penyedia dan distribusi konten berita. Cakupan Google News tidak hanya meliputi negara Indonesia saja, melainkan juga seluruh dunia.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna tidak perlu login atau mendaftar terlebih dahulu. Selain itu, kemudahan dalam User Interfacenya membuat pengguna dapat memilih Topik yang ingin dibaca.

Dalam satu bulan saja, kunjungan yang didapat Google News mencapai 397 Juta dari sumber lalu lintas seluruh dunia. Tak heran, banyak blogger yang berlomba ingin website atau blognya masuk ke Google News.

Manfaat Mendaftar Google News

Mendaftar di Google News memiliki banyak manfaat bagi situs web Anda. Beberapa manfaat utamanya adalah:

  • Peningkatan eksposur dan visibilitas situs web Anda.
  • Meningkatkan lalu lintas organik ke situs Anda.
  • Membangun otoritas dan reputasi sebagai sumber berita yang terpercaya.
  • Menjangkau audiens yang lebih luas dan potensial.
  • Mempercepat indeksasi konten baru Anda oleh Google.
Baca Juga :  Cara Export Desain Figma ke Format PNG, JPG, SVG, dan PDF

Persyaratan untuk Daftar di Google News

Sebelum mendaftar di Google News, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Beberapa persyaratan utama termasuk:

  • Situs web Anda harus berisi konten berita aktual dan orisinal.
  • Konten Anda harus mematuhi pedoman editorial Google News.
  • Situs web Anda harus berfungsi dengan baik dan mudah dinavigasi.
  • Anda harus memiliki halaman “Tentang Kami” yang jelas dan informatif.
  • Situs web Anda harus memiliki struktur yang jelas dan konsisten.

Langkah-langkah untuk Mendaftar di Google News

1. Membuat Akun Google

Langkah pertama untuk mendaftar di Google News adalah memiliki akun Google. Kalau sudah memiliki akun Google, Anda bisa melangkah ke langkah berikutnya. Jika belum, kunjungi situs web Google dan buat akun Google secara gratis.

2. Mendaftar sebagai Publisher

Setelah memiliki akun Google, Anda perlu mendaftar sebagai publisher di Google News. Langsung masuk saja ke halaman Pusat Penerbit Google News kemudian login menggunakan Akun Google. Setelah masuk, Anda akan melihat opsi untuk menambahkan situs web Anda.

3. Memenuhi Persyaratan Konten

Setelah menambahkan situs web Anda, pastikan konten Anda memenuhi persyaratan Google News. Pastikan website anda memiliki konten yang aktual, akurat, kredibel, serta dapat dipertanggung jawabkan. Konten Anda juga harus mematuhi pedoman editorial Google News.

4. Mengirimkan Permohonan ke Google News

Setelah memvalidasi bahwa konten Anda memenuhi kualifikasi Google News, Anda bisa mengirimkan permohonan peninjauan oleh tim Google. Google News mungkin tidak bisa menerima segala permohonan yang masuk saat ini, jadi pastikan situs Anda mematuhinya sebelum mengirimkan permohonan.

Mengoptimalkan Situs Web Anda untuk Google News

Setelah berhasil mendaftar di Google News, penting untuk mengoptimalkan situs web Anda agar sesuai dengan standar Google News dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan eksposur yang lebih besar. Berikut merupakan beberapa tips optimasi website untuk Google News.

Baca Juga :  2 Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

1. Menyediakan Konten Berkualitas

Pastikan konten yang Anda publikasikan di situs web Anda adalah konten berkualitas tinggi dan relevan dengan berita terkini. Gunakan sumber yang terpercaya dan berikan informasi yang akurat dan bermanfaat kepada pengguna.

2. Menggunakan Struktur Markup

Gunakan struktur markup yang sesuai pada halaman Anda untuk membantu Google memahami konten Anda dengan lebih baik. Ini juga dapat membantu meningkatkan tampilan situs Anda di hasil pencarian berita Google.

3. Memperbarui Konten secara Teratur

Pastikan untuk memperbarui konten Anda secara teratur dengan berita terkini. Konten yang tidak diperbarui secara teratur mungkin kehilangan relevansi dan menurunkan peringkat di Google News.

4. Meningkatkan Kecepatan Situs Web

Kecepatan situs web Anda adalah faktor penting dalam peringkat di Google News. Pastikan website anda memiliki kecepatan loading yang cepat dan memiliki tampilan responsive.

5. Memperhatikan SEO On-Page

Terakhir, jangan lupakan praktik dasar SEO on-page. Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul, tag H1, dan konten Anda. Juga, optimalkan meta deskripsi dan URL halaman Anda untuk meningkatkan visibilitas Anda di hasil pencarian.

Menjaga Kualitas dan Konsistensi Konten

Setelah berhasil mendaftar dan mengoptimalkan situs web Anda di Google News, pastikan untuk menjaga kualitas dan konsistensi konten Anda. Terus menyediakan konten berkualitas tinggi yang relevan dengan berita terkini. Ini akan membantu mempertahankan eksposur dan reputasi Anda di Google News.

Melacak Kinerja Anda di Google News

Terakhir, jangan lupa untuk melacak kinerja dan statistik Anda di Google News. Gunakan alat analisis situs web seperti Google Analytics untuk memantau lalu lintas yang berasal dari Google News dan mengevaluasi efektivitas strategi Anda.

Apakah sudah Paham Cara Daftar Google News?

Mendaftar di Google News dapat memberikan keuntungan besar bagi situs web Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas dan mengoptimalkan situs web Anda sesuai dengan standar Google News, Anda dapat meningkatkan visibilitas, lalu lintas, dan reputasi situs web Anda. Jangan lupa untuk terus memperbarui konten Anda, menjaga kualitas konten, dan melacak kinerja Anda di Google News untuk hasil yang optimal.

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)