10 Tips Menulis Artikel Ilmiah yang Baik untuk Pemula

tips menulis artikel ilmiah

Menulis artikel ilmiah merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh para peneliti atau akademisi. Artikel ilmiah merupakan bentuk tulisan yang disusun secara sistematis dan berisi hasil penelitian yang telah diuji kebenarannya. Namun, menulis artikel ilmiah bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan ketelitian, keterampilan, dan juga pemahaman yang mendalam terhadap topik yang akan ditulis. Untuk itu, berikut ini adalah 10 tips yang dapat membantu Anda dalam menulis artikel ilmiah yang baik dan berkualitas.

1. Tentukan Tujuan dan Sasaran Artikel

Sebelum memulai menulis, tentukan terlebih dahulu tujuan dan sasaran dari artikel yang akan Anda tulis. Apakah artikel tersebut ditujukan untuk memenuhi tugas kuliah, dipublikasikan di jurnal ilmiah, atau sebagai bagian dari penelitian yang sedang Anda lakukan. Dengan menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas, maka tulisan Anda akan lebih terarah dan dapat dikelompokkan dengan baik.

2. Pahami Struktur Artikel Ilmiah

Sebelum mencoba menulis artikel ilmiah, Anda perlu memahami struktur yang umum digunakan dalam penulisan artikel ilmiah. Struktur tersebut terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Memahami struktur ini akan memudahkan Anda dalam menyusun artikel ilmiah yang tersusun dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Baca Juga :  12 Strategi Ampuh Mempercepat Loading Website menurut Neil Patel

3. Gunakan Bahasa Ilmiah yang Tepat

Menulis artikel ilmiah membutuhkan penggunaan bahasa yang khas dan tepat. Gunakan bahasa yang formal, objektif, dan jelas untuk menyampaikan informasi yang sesuai dengan topik yang diangkat. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau tidak jelas, karena hal ini dapat mempengaruhi pemahaman pembaca terhadap tulisan Anda.

4. Hindari Plagiarisme

Plagiarisme adalah tindakan mengambil dan menggunakan karya atau ide orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Hal ini sangat tidak diperbolehkan dalam menulis artikel ilmiah. Pastikan Anda mencantumkan semua sumber yang Anda gunakan dengan benar dan sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku. Selain itu, hindari juga menggunakan kalimat yang sama persis dengan sumber yang Anda kutip, gunakan gaya kutip yang sesuai dengan standar penulisan ilmiah.

5. Gunakan Referensi yang Tepat

Referensi adalah sumber yang digunakan untuk mendukung dan memperkuat penelitian yang Anda lakukan. Gunakan referensi yang relevan, terbaru, dan sesuai dengan topik yang Anda tulis. Referensi yang digunakan juga perlu diverifikasi kebenarannya, karena hal ini dapat mempengaruhi validitas artikel Anda.

6. Gunakan Tabel dan Grafik untuk Mendukung Penjelasan

Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas dan memperkuat hasil penelitian yang Anda tulis. Gunakan tabel dan grafik yang mudah dipahami dan sesuai dengan topik yang dibahas. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan keterangan yang lengkap dan akurat tentang tabel dan grafik yang Anda gunakan.

Baca Juga :  13 Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

7. Gunakan Kata Bantu yang Tepat

Dalam menulis artikel ilmiah, penggunaan kata bantu yang tepat sangat penting. Hindari penggunaan kata bantu yang bersifat subjektif seperti “saya” atau “menurut saya”. Gunakan kata bantu seperti “peneliti”, “hasil penelitian”, atau “berdasarkan data” untuk memberikan kesan bahwa tulisan Anda didasarkan pada fakta dan bukti yang valid.

8. Perhatikan Tata Cara Penulisan

Setiap jurnal ilmiah memiliki aturan dan tata cara penulisan yang berbeda-beda. Pastikan Anda memahami tata cara penulisan yang berlaku untuk jurnal yang Anda tuju. Periksa juga tata letak dan format tulisan, seperti penggunaan font, margin, dan paragraf yang sesuai dengan aturan jurnal yang dituju.

9. Lakukan Penyuntingan yang Teliti

Setelah selesai menulis, lakukan penyuntingan terhadap tulisan Anda dengan teliti. Periksa kembali struktur, kesalahan tata bahasa, dan pastikan bahwa tulisan Anda mudah dipahami dan tidak mengandung kesalahan. Anda juga dapat meminta bantuan dari teman atau rekan untuk menyunting tulisan Anda dan memberikan masukan yang membangun.

10. Publikasikan Artikel Anda

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mempublikasikan artikel Anda. Publikasikanlah tulisan Anda di jurnal ilmiah yang sesuai dengan topik yang Anda tulis. Selain itu, Anda juga dapat membagikan artikel Anda melalui media sosial atau platform online lainnya untuk meningkatkan visibilitas dan dampak dari artikel yang Anda tulis.

Dengan mengikuti 10 tips di atas, diharapkan Anda dapat menulis artikel ilmiah yang baik dan berkualitas. Ingatlah bahwa menulis artikel ilmiah membutuhkan ketelitian, keterampilan, dan pemahaman yang mendalam terhadap topik yang Anda tulis. Teruslah berlatih dan perbanyak pembacaan artikel ilmiah, sehingga Anda dapat meningkatkan kemampuan menulis dan pengetahuan Anda dalam bidang ilmiah.

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)