Panduan Lengkap Instalasi Hestia CP di VPS [2023]

panduan instalasi hestia cp di vps

Hestia CP adalah salah satu panel kontrol web hosting yang serbaguna dan sederhana. Panel kontrol ini memungkinkan pengguna untuk mengelola VPS atau server web dengan mudah melalui antarmuka yang intuitif. Hestia CP menyediakan berbagai fitur seperti manajemen domain, pengaturan DNS, manajemen database, instalasi aplikasi web, dan banyak lagi.

Mengapa Menggunakan Hestia CP?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan menggunakan Hestia CP untuk mengelola VPS atau server web anda:

  1. Antarmuka Pengguna yang Mudah: Hestia CP dirancang dengan antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif, membuatnya mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.
  2. Fitur Lengkap: Hestia CP dilengkapi dengan berbagai fitur seperti manajemen domain, pengaturan DNS, manajemen database, dan instalasi aplikasi web. Fitur-fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola semua aspek hosting Anda dengan mudah.
  3. Keamanan Terjamin: Hestia CP dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat, seperti firewall dan proteksi brute force. Ini membantu melindungi server Anda dari ancaman keamanan.
  4. Performa Tinggi: Hestia CP diketahui memiliki performa yang sangat baik, dengan konsumsi sumber daya yang rendah. Ini memastikan bahwa VPS atau server web Anda berjalan dengan lancar dan cepat.

Persyaratan untuk Menginstal Hestia CP di VPS

Sebelum menginstal Hestia CP di VPS Anda, pastikan bahwa VPS Anda memenuhi persyaratan berikut:

  1. Sistem Operasi: Hestia CP dapat diinstal pada VPS yang menjalankan sistem operasi Ubuntu 18.04 atau 20.04.
  2. Spesifikasi Minimum: VPS Anda harus memiliki minimal 1GB RAM, 20GB ruang disk, dan 1 core CPU.
  3. Akses Root: Anda perlu memiliki akses root ke VPS Anda untuk menginstal Hestia CP.

Langkah-langkah Menginstal Hestia CP di VPS

1. Persiapan Awal

Sebelum memulai instalasi Hestia CP, pastikan bahwa VPS Anda sudah diupdate dengan paket terbaru. Untuk melakukan update dan upgrade di vps bisa menggunakan perintah berikut ini:

sudo apt update -y
sudo apt upgrade -y

2. Mengunduh dan Memasang Hestia CP

  1. Buat folder kerja baru dengan perintah berikut:
mkdir install-hst
cd install-hst
  1. Unduh skrip instalasi Hestia CP dengan perintah berikut:
curl -O https://raw.githubusercontent.com/hestiacp/hestiacp/release/install/hst-install.sh
  1. Berikan izin eksekusi ke skrip instalasi dengan perintah berikut:
chmod +x hst-install.sh
  1. Jalankan skrip instalasi Hestia CP dengan perintah berikut:
bash hst-install.sh --multiphp no

3. Konfigurasi Hestia CP

Setelah proses instalasi selesai, Anda perlu melakukan konfigurasi awal untuk Hestia CP. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser web dan akses Hestia CP melalui URL berikut: https://<IP_VPS>:8083. Ganti <IP_VPS> dengan alamat IP VPS Anda.
  2. Pada halaman login, masukkan username dan password administratif yang ingin Anda gunakan. Klik “Login” untuk masuk ke Hestia CP.
  3. Setelah masuk, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi lisensi. Anda dapat memilih untuk menggunakan lisensi gratis atau memasukkan lisensi berbayar jika Anda memiliki satu.
  4. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke dashboard Hestia CP, yang menandakan bahwa instalasi dan konfigurasi awal selesai.

4. Mengakses Hestia CP

Untuk mengakses Hestia CP setelah instalasi, Anda dapat menggunakan URL berikut: https://<IP_VPS>:8083. Ganti <IP_VPS> dengan alamat IP VPS Anda. Masukkan username dan password administratif yang telah Anda tentukan untuk masuk ke Hestia CP.

Mengelola VPS dengan Hestia CP

Setelah berhasil menginstal Hestia CP di VPS Anda, Anda dapat mulai mengelola VPS Anda melalui antarmuka Hestia CP. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan Hestia CP:

1. Membuat Akun Pengguna

Anda dapat membuat akun pengguna baru dengan hak akses tertentu. Ini memungkinkan Anda memberikan akses terbatas kepada pengguna untuk mengelola domain, database, email, dan fitur lainnya di VPS Anda.

2. Mengelola Domain dan Subdomain

Hestia CP memungkinkan Anda untuk mengelola domain dan subdomain dengan mudah. Anda dapat menambahkan, menghapus, atau mengedit domain dan subdomain, serta mengatur konfigurasi DNS untuk masing-masing domain.

3. Menginstal Aplikasi Web

Dengan Hestia CP, Anda dapat menginstal aplikasi web populer seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan banyak lagi dengan beberapa klik. Ini membuat proses instalasi dan konfigurasi aplikasi web menjadi lebih mudah dan cepat.

4. Mengelola Database

Anda dapat membuat, menghapus, dan mengelola database MySQL dengan mudah melalui antarmuka Hestia CP. Anda juga dapat mengatur akses pengguna ke database dan mengelola backup database.

5. Mengatur Konten Website

Hestia CP memudahkan Anda untuk mengatur konten website Anda. Anda dapat mengunggah file melalui antarmuka Hestia CP, mengedit file teks, mengelola izin file, dan banyak lagi.

Mengoptimalkan Performa Hestia CP

Untuk memastikan Hestia CP berjalan dengan optimal, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Memperbarui Hestia CP

Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru Hestia CP. Perbarui Hestia CP secara teratur untuk mendapatkan fitur terbaru dan perbaikan bug.

2. Mengamankan Hestia CP

Penting untuk menjaga keamanan Hestia CP dan VPS Anda. Pastikan Anda menggunakan password yang kuat untuk akun administratif dan terapkan praktik keamanan lainnya, seperti penggunaan firewall dan pencegahan brute force.

3. Mengoptimalkan Server Web

Anda dapat mengoptimalkan server web Anda dengan mengkonfigurasi pengaturan seperti caching, kompresi, dan penggabungan file CSS dan JavaScript. Ini akan membantu meningkatkan kecepatan dan performa website Anda.

4. Mengoptimalkan Server Database

Anda juga dapat mengoptimalkan server database dengan mengatur indeks, membersihkan database yang tidak digunakan, dan memonitor kinerja database secara berkala.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Hestia CP, Anda dapat dengan mudah mengelola VPS atau server web Anda dengan antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif. Fitur-fitur lengkap dan performa tinggi Hestia CP membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mengelola hosting Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah instalasi dan melakukan optimasi yang tepat, Anda dapat memaksimalkan penggunaan Hestia CP dan meningkatkan performa VPS Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)