Cara Mudah Redirect Halaman 404 ke Homepage Tanpa Plugin di WordPress

redirect halaman 404

Pernahkah kamu klik tautan di sebuah website, eh malah muncul halaman bertuliskan “404 Not Found”? Pasti kesal, kan? Halaman 404 ini seperti jalan buntu di dunia maya, bikin pengunjung bingung dan akhirnya kabur dari website kita. Nah, untuk menghindari hal itu, kita perlu mengarahkan halaman 404 ini ke halaman lain, biasanya ke homepage.

Tapi tenang, kita bisa melakukannya tanpa perlu install plugin tambahan, lho!

Kenapa Redirect 404 Itu Penting?

Sebelum masuk ke teknisnya, yuk kita pahami dulu kenapa redirect 404 itu penting. Bayangkan, pengunjung sudah semangat mau baca artikel di website kita, eh malah ketemu jalan buntu. Pasti kecewa, kan?

Selain bikin pengunjung bete, halaman 404 yang dibiarkan begitu saja juga bisa berdampak buruk pada SEO website kita. Google menganggap website dengan banyak halaman 404 sebagai website yang kurang terawat dan informasinya tidak update. Akibatnya, peringkat website kita di hasil pencarian bisa turun.

Redirect 404 dengan .htaccess

Nah, sekarang kita masuk ke inti pembahasan, yaitu cara redirect halaman 404 ke homepage tanpa plugin. Kita akan menggunakan file .htaccess, sebuah file konfigurasi yang powerful untuk mengatur berbagai hal di website kita.

Baca Juga :  Cara Melihat Source Code Website dengan Mudah

Menemukan File .htaccess

Pertama-tama, kita perlu menemukan file .htaccess. Biasanya file ini tersembunyi di folder root website kita. Kamu bisa mengaksesnya melalui File Manager di cPanel atau menggunakan aplikasi FTP seperti FileZilla.

Menambahkan Kode Redirect

Setelah menemukan file .htaccess, buka file tersebut dengan text editor. Kemudian, tambahkan kode berikut di bagian paling bawah:

ErrorDocument 404 /

Kode ini berarti, setiap kali ada halaman 404, pengunjung akan diarahkan ke halaman utama website kita (ditandai dengan “/”).

Simpan dan Upload

Setelah menambahkan kode, jangan lupa untuk menyimpan perubahan pada file .htaccess. Kemudian, upload kembali file tersebut ke folder root website kita.

Redirect 404 dengan JavaScript

Selain menggunakan .htaccess, kita juga bisa redirect halaman 404 dengan JavaScript. Cara ini cocok untuk kamu yang lebih familiar dengan bahasa pemrograman.

Menambahkan Kode JavaScript

Tambahkan kode JavaScript berikut di bagian <head> pada template website kamu:

<script>
  var error404 = window.location.href.indexOf("404") > -1;
  if (error404) {
    window.location.replace("/");
  }
</script>

Kode ini akan mengecek apakah URL halaman mengandung “404”. Jika iya, maka pengunjung akan diarahkan ke homepage.

Membuat Halaman 404 yang Kreatif

Meskipun kita sudah redirect halaman 404, bukan berarti kita mengabaikan desain halaman 404 itu sendiri. Kita tetap bisa membuat halaman 404 yang kreatif dan informatif, sehingga pengunjung tidak merasa terlalu kecewa.

Baca Juga :  Bingung Cari Letak No Kartu Debit BRI? Begini Caranya!

Misalnya, kita bisa menambahkan pesan yang lucu, gambar yang menarik, atau bahkan kotak pencarian agar pengunjung bisa mencari informasi yang mereka butuhkan.

Kesimpulan

Redirect halaman 404 ke homepage adalah langkah penting untuk menjaga kenyamanan pengunjung dan meningkatkan SEO website kita. Dengan menggunakan .htaccess atau JavaScript, kita bisa melakukannya dengan mudah tanpa perlu install plugin tambahan.

Jangan lupa untuk tetap kreatif dalam mendesain halaman 404, sehingga pengunjung tetap merasa nyaman meskipun tersesat di website kita.

Baca Juga

Bagikan:

Arga Eryzal Pradinata

Just an Tech Enthusiast :)